Senin, 05 April 2010

Definisi Komunikasi, Komunikasi Massa, dan Persepsi

Diposting oleh Bina Yuliawati di 09.50

Definisi Komunikasi


  • Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak). (Hovland, Janis & Kelley:1953)
  • Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain. (Berelson dan Stainer, 1964)
  • Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku. (Webster’s New Collegiate Dictionary edisi tahun 1977)
  • Komunikasi yaitu mengacu pada tindakan, oleh satu orang atau lebih, yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise), terjadi dalam suatu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu, dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik. (Komunikasi Antarmanusia Kuliah Dasar Edisi Kelima)
  • Komunikasi adalah suatu proses pertukaran dan penyampaian informasi, gagasan, emosi, atau keahlian. Dengan menggunakan simbol-simbol seperti kata-kata gambar-gambar, angka-angka, lambang-lambang, tanda-tanda, atau tingkah laku. Yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise), terjadi dalam suatu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu, dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik. (Rangkuman)



Definisi Komunikasi Massa


  • Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang. (Bittner)
  • Komunikasi massa adalah setiap bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar. (Meletzke)
  • Komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada massa, kepada khalayak yang luar biasa banyaknya. Yang disalurkan oleh pemancar-pemancar yang audio dan/atau visual. (Joseph A. DeVito)
  • Komunikasi massa yaitu memusatkan perhatian pada lima variable (sumber, khalayak, pesan, proses, konteks) yang terkandung dalam setiap tindak komunikasi dan memperlihatkan bagaimana variable-variabel ini bekerja pada media massa. (Komunikasi Antarmanusia Kuliah Dasar Edisi Kelima)
  • Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa yang ditujukkan kepada khalayak banyak. (Rangkuman)



Definisi Persepsi


  • Persepsi merupakan proses pengorganisasian dan penginterpretasian terhadap stimulus oleh organisme atau individu sehingga didapat sesuatu yang berarti dan merupakan aktivitas yang terintegrasi dalam diri individu (Davidoff).
  • Persepsi ialah interpretasi tentang apa yang diinderakan atau dirasakan individu (Bower).
  • Persepsi merupakan suatu proses pengenalan maupun proses pemberian arti terhadap lingkungan oleh individu (Gibson).
  • Persepsi adalah proses dengan mana kita menjadi sadar akan banyaknya stimulus yang mempengaruhi indra kita. (Komunikasi Antarmanusia Kuliah Dasar Edisi Kelima)
  • Persepsi adalah suatu proses pengenalan dan pemberian arti dimana kita menjadi sadar akan banyaknya stimulus yang mempengaruhi indra kita. (Rangkuman)

0 komentar on "Definisi Komunikasi, Komunikasi Massa, dan Persepsi"

Posting Komentar

Senin, 05 April 2010

Definisi Komunikasi, Komunikasi Massa, dan Persepsi

Definisi Komunikasi


  • Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak). (Hovland, Janis & Kelley:1953)
  • Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain. (Berelson dan Stainer, 1964)
  • Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku. (Webster’s New Collegiate Dictionary edisi tahun 1977)
  • Komunikasi yaitu mengacu pada tindakan, oleh satu orang atau lebih, yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise), terjadi dalam suatu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu, dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik. (Komunikasi Antarmanusia Kuliah Dasar Edisi Kelima)
  • Komunikasi adalah suatu proses pertukaran dan penyampaian informasi, gagasan, emosi, atau keahlian. Dengan menggunakan simbol-simbol seperti kata-kata gambar-gambar, angka-angka, lambang-lambang, tanda-tanda, atau tingkah laku. Yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise), terjadi dalam suatu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu, dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik. (Rangkuman)



Definisi Komunikasi Massa


  • Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang. (Bittner)
  • Komunikasi massa adalah setiap bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar. (Meletzke)
  • Komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada massa, kepada khalayak yang luar biasa banyaknya. Yang disalurkan oleh pemancar-pemancar yang audio dan/atau visual. (Joseph A. DeVito)
  • Komunikasi massa yaitu memusatkan perhatian pada lima variable (sumber, khalayak, pesan, proses, konteks) yang terkandung dalam setiap tindak komunikasi dan memperlihatkan bagaimana variable-variabel ini bekerja pada media massa. (Komunikasi Antarmanusia Kuliah Dasar Edisi Kelima)
  • Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa yang ditujukkan kepada khalayak banyak. (Rangkuman)



Definisi Persepsi


  • Persepsi merupakan proses pengorganisasian dan penginterpretasian terhadap stimulus oleh organisme atau individu sehingga didapat sesuatu yang berarti dan merupakan aktivitas yang terintegrasi dalam diri individu (Davidoff).
  • Persepsi ialah interpretasi tentang apa yang diinderakan atau dirasakan individu (Bower).
  • Persepsi merupakan suatu proses pengenalan maupun proses pemberian arti terhadap lingkungan oleh individu (Gibson).
  • Persepsi adalah proses dengan mana kita menjadi sadar akan banyaknya stimulus yang mempengaruhi indra kita. (Komunikasi Antarmanusia Kuliah Dasar Edisi Kelima)
  • Persepsi adalah suatu proses pengenalan dan pemberian arti dimana kita menjadi sadar akan banyaknya stimulus yang mempengaruhi indra kita. (Rangkuman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

BINA YULIAWATI ~PORTFOLIO~ Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal